Wednesday, 12 December 2018
Masuk
Kilas Berita :

“Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia ke XXVI 2018 BBWS Citarum mengadakan Lomba Pengelolaan Sampah”

5

Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia ke XXVI, BBWS Citarum menyelenggarakan  Acara Lomba Pengelolaan Sampah Tahun 2018 dengan tema Pengelolaan Sampah secara tepat guna untuk mendukung konservasi air di Wilayah Sungai Citarum.

 

logo

1

Pada Peringatan HAD ke-XXVI tahun 2018 mengambil tema internasional “Nature for Water” yang diadaptasi menjadi “Manfaatkan Alam Untuk Kelestarian Air”,  dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian kita dalam melestarikan alam sebagai sebuah solusi dalam mengatasi berbagai permasalahan air baik itu banjir, kekeringan maupun kelestarian alam di hulu sungai. Salah satu permasalahan air yaitu mengenai pengelolaan sampah. Oleh karena itu, kami (BBWS Citarum) mengadakan lomba ini.

ciitarum

Sungai merupakan peradaban masyarakat dimasa lalu yang sangat penting,  hal merupakan bagian dari tanggung jawab masyarakat, pemerintah, aktifis lingkungan dan akademisi sejalan dalam dalam pengeloaanya secara tepat guna. Oleh karena itu dengan semangat hari air dunia ke XXVI, BBWS Citarum melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat .

IMG_7111 IMG_6939

Maksud diadakan acara ini adalah untuk mengiventarisasi masyarakat/komunitas/kelompok masyarakat di sekitar WS Citarum yang secara aktif berupaya mengelola sampah secara tepat guna sehingga dapat mengurangi volume sampah yang masuk ke sungai ataupun tempat pembuangan sampah (TPA). Mujud nyata bagian dari tanggung jawab yang dilakukan oleh masyarakat dalam pengelolaan sampah berbasis masyarakat dengan konsep PPO ( pilah, pilih, olah ) kegiatan  perlombaan ini dilakukan untuk menumbuh kembangkan kreatifitas dan inovasi dalam memberdayakan masyarakat mengelola sampah dimulai dari rumah.

IMG_7037

3

Konsep dasar penyadaran dalam pengelolaan sampah dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat secara luas, namun  demikian peranan pendidikan dimulai dari tingkat dasar, menengah dan perguruan tinggi juga membangun sinergitas dalam mengkampanyekan pengelolaan sampah secara tepat guna. Adapun pengelolaan sampah bisa melalui basis kelompok dengan koperasi, bank sampah, atau juga cara-cara lain yang berkembang dimasyarakat. Untuk pemilhan sampah ini mulai dari sampah organik, an-organik dan B3.

IMG_7046

IMG_6895

Dalam kriteria pelaksanaan ini BBWS Citarum melakukan penekanan dalam pola inisiasi dalam gagasan masyarakat dalam pengelolaan sampah oleh masyarakat untuk mendukung konservasi air di sungai citarum dengan kategori :

  1. Kreatifitas masyarakat dalam partisipasi mengelola sampah.
  2. Kelembagaan organisasi yang dibentuk.
  3. Aspek kreatifitas yang dikembangkan.
  4. Dampak yang diadopsi oleh masyarakat
  5. Sinergitas kegiatan.

Dengan kegiatan seperti ini akan membangun partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya alam sehingga air terselamatkan dan pencemaran lingkungan bisa teretasi sejak dini, dan air sungai citarum bisa dinikmati anak cucu kita nanti.

juara1

Metode lomba dibagi 2 tahap, yaitu tahap presentasi dan tahap penilaian lapangan. Jumlah komunitas/kelompok yang mendaftar sebanyak 17. Pada tahap presentasi (29 Maret 2018) disepakati oleh juri, bahwa dari 17 presenter akan diambil 6 (enam) kelompok dengan nilai presentasi terbaik. Pada tahap penilaian lapangan (2-4 April 2018), diperoleh 5 besar dengan nilai terbaik adalah sebagai berikut :

  1. KSM OH DARLING (Orang Hebat Sadar Lingkungan) juara I mendapatkan uang tunai Rp 10.000.000,-
  2. KSM Peduli Lingkungan Bentang Benih Kebaikan juara II mendapatkan uang tunai Rp 7.500.000,-
  3. Cadas Sehati juara III mendapatkan uang tunai Rp 5.000.000,-
  4. KBS Sapu Jagat RW 09 juara IV mendapatkan uang tunai Rp 3.000.000,-
  5. BASIC SMP N 1 Ciparay juara V mendapatkan uang tunai Rp 2.000.000,-

bersama

(AdminBBWSC)

BBWS Citarum © 2015