Friday, 20 October 2017
Masuk
Kilas Berita :

Resertifikasi ISO 9001:2008 di Unit Hidrologi dan Kualitas Air Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Tahun 2015

IMG_3020

Unit Hidrologi dan Kualitas Air Balai Besar Wilayah Sungai Citarum berkomitmen untuk menerapkan, memelihara, mendokumentasikan dan melaksanakan kajian dan peningkatan yang berkelanjutan dari sistem manajemen mutu untuk mencapai keunggulan mutu. Dengan mengacu kepada Peraturan Menteri PU Nomor 4-PRT-M-09 tentang Sistem Manajemen Mutu Departemen Pekerjaan Umum, maka Balai Besar Wilayah Sungai Citarum menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 pada Unit Hidrologi dan Kualitas Air.

 

sertifikat 2008

Pada tanggal 4 September 2015 Unit Hidrologi dan Kualitas Air melaksanakan Resertifikasi ISO 9001:2008. Penerapan dan penetapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 pada Unit Hidrologi dan Kualitas Air dilaksanakan pertama kali pada tanggal 27 Juli tahun 2012, dan pada tahun tersebut Unit Hidrologi dan Kualitas Air mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 untuk ruang lingkup “Pengelolaan Data Hidrologi dan Kualitas Air”. Sertifikat tersebut memiliki masa berlaku selama 3 (tiga) tahun. Dan setiap tahunnya, minimal 1 (satu) tahun sekali atau sesuai Program Audit Mutu diadakan Audit Mutu untuk proses pemeriksaan kegiatan-kegiatan sistem manajemen mutu dan hasil-hasilnya secara sistematik, independen dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti audit dan mengevaluasinya secara obyektif untuk menentukan sampai sejauh mana kriteria audit dipenuhi.

 

Sistem Manajemen Mutu berdasarkan ISO 9001:2008 pada Unit Hidrologi dan Kualiatas Air Balai Besar Wilayah Sungai Citarum ini bertujuan untuk menunjukkan kemampuan organisasi (Unit Hidrologi dan Kualitas Air) untuk secara konsisten melaksanakan pekerjaan yang sesuai dengan persyaratan perundangan dan peraturan yang berlaku, dan bertujuan untuk kepuasan pelanggan melalui penerapan sistem yang efektif, termasuk proses-proses untuk perbaikan yang berkelanjutan dan pencegahan ketidaksesuaian. Pelaksanaan Audit Mutu terdiri dari 3 (tiga) tahapan, yaitu :

1. Audit Mutu Internal

2. Rapat Tinjauan Management

3. Audit Mutu Eksternal.

Aspek-aspek yang dinilai dalam Audit Mutu ini adalah segala hal yang berkaitan dengan persyaratan standar dan persyaratan sistem manajemen mutu yang ditetapkan oleh Unit Hidrologi dan Kualitas Air serta hasil audit sebelumnya.

 

Audit Mutu Internal telah dilaksanakan pada tanggal 2-3 Juli 2015. Audit Mutu Internal dilaksanakan oleh Tim Audit yang berasal dari jajaran/lingkungan Unit Hidrologi dan Kualitas Air Balai Besar Wilayah Sungai Citarum dan atau jika diperlukan berasal dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, dan dalam pelaksanaannya, Audit Mutu Internal ini diaudit oleh Tim Auditor dari Subdit Hidrologi dan Kualitas Air Kementerian Pusat serta Tim Auditor dari lingkungan Balai Besar Wilayah Sungai Citarum yang terdapat dalam Surat Keputusan Sistem Manajemen Mutu. Pelaksanaannya dilakukan 2 (dua) hari dengan beberapa kegiatan meliputi:

a. Hari pertama dimulai dengan Opening Meeting, yang kemudian dilanjutkan dengan mengaudit masing-masing Auditee atau pihak yang diaudit, dimulai dari Top Management, Management Representative Pelaksana, Pengendali Dokumen, Staf Teknis, Staf Administrasi.

b. Hari kedua dilaksanakan Closing Meeting, dengan dibacakan hasil Audit Mutu Internal yang kemudian jika ditemukan beberapa temuan untuk segera ditindak lanjuti dengan melakukan tindakan perbaikan dalam waktu 2 (dua) minggu.

 

Rapat Tinjauan Management (RTM) telah dilaksanankan pada tanggal 28 Juli 2015. RTM dihadiri oleh seluruh Tim Unit Hidrologi dan Kualitas Air Balai Besar Wilayah Sungai Citarum serta Top Management (Kapala Balai), Management Representative (Kepala Bidang O&P) dan Management Representative Pelaksana (Kepala Unit Hidrologi dan Kualitas Air). Dalam Rapat Tinjauan Management ini dibahas tentang laporan Hasil Audit Mutu Internal, Laporan Kinerja Sistem Manajemen Mutu, Laporan dari Management Representative, dan pada kesimpulan akan disampaikan kesiapan Unit Hidrologi dan Kualitas Air untuk pelaksanaan Audit Mutu Eksternal.

 

Audit Mutu Eksternal dilaksanakan setelah Rapat Tinjauan Management dengan Tim Audit dari Badan Sertifikasi yang telah ditentukan. Audit Mutu Eksternal telah dilaksanakan pada tanggal 3-4 September 2015. Badan Sertifikasi ini Unit Hidrologi dan Kualitas Air bekerja sama dengan Badan Sertifikasi PT. TÜV NORD Indonesia. Dalam Audit Eksternal ini, prosesnya sama dengan Audit Mutu Internal dan hasil temuan dari Audit Mutu Internal akan diperiksa.

 

Manfaat dari sertifikasi ISO 9001:2008 ini adalah :

  1. Mendapatkan pengakuan atas mutu pengelolaan hidrologi dan kualitas air di Balai Besar Wilayah Sungai Citarum,
  2. Sumber Daya Manusia pada Unit Hidrologi dan Kualitas Air Balai Besar Wilayah Sungai Citarum menjadi termotivasi untuk memberikan pelayanan yang bermutu
  3. Data hidrologi Balai Besar Wilayah Sungai Citarum semakin tersosialisasi bagi para pemanfaat data hidrologi, dan
  4. Para pengelola hidrologi semakin termotivasi untuk meningkatkan mutu kegiatan pengelolaan hidrologi.

Hasil Resertifikasi ISO 9001:2008 Unit Hidrologi dan Kualitas Air akan keluar kurang lebih 2 minggu setelah Audit Eksternal dilaksanakan. (AdminBBWSC)

BBWS Citarum © 2015