Monday, 20 November 2017
Masuk
Kilas Berita :

PENGAMBILAN SUMPAH PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL SUMBER DAYA AIR KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT

sumpah

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Pasal 66 UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, setiap Pegawai Negeri sipil wajib mengucap Sumpah/ Janji PNS. Pada Jumat, 11 September 2015 Pukul 09.00 WIB – selesai, bertempat di Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS Citarum, Bandung), diadakan pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air. PNS yang diambil sumpah nya berasal dari BBWS Citarum sebanyak 113 orang dan dari BBWS/ BWS lain diantaranya: BBWS Serayu Opak, BBWS C3, BBWS Bengawan Solo, dan dari Ditjen SDA, Total keseluruhan peserta yang diambil sumpahnya adalah 206 orang.

Acara dimulai dengan Sambutan Ketua Panitia Ir. Sudrajat, MT selaku Kepala Bagian Tata Usaha BBWS Citarum, dilanjutkan dengan Sambutan Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya Air oleh Ir. Hartanto, Dipl. HE. Setelah itu, dilakukan pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil dengan dipimpin oleh Ir. Hartanto, Dipl. HE, dan disaksikan dua orang saksi: Ir Danang Baskoro, SP1 dan Ir. Sudrajat, MT. Peserta sumpah diambil sumpahnya berdasarkan agama/ keyakinan yang dianutnya dengan didampingi oleh rohaniawan agama masing-masing. Peserta sumpah PNS dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu PNS yang beragama Islam, Kristen (4 orang), dan Katholik (3 orang). Selanjutnya, perwakilan PNS yang beragama Isalam, Kristen dan Katholik diminta maju ke dapan untuk menandatangani Berita Acara Pengambilan Sumpah PNS.

Dalam salah satu kalimat sumpahnya, disebutkan bahwa untuk diangkat sebagai PNS akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD RI tahun 1945, Negara dan Pemerintah. Dengan demikian, seorang PNS hendaknya menjadi pegawai yang dapat dijadikan panutan dan teladan yang baik bagi masyarakat karena sikap dan perilaku PNS di masyarakat merupakan salah satu indicator dan tolok ukur dalam keberhasilan Pemerintah.
Dalam sambutannya Sesditjen SDA menyampaikan pesan Bapak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bahwa:

  1. Pola kerja harus dirubah bekerja dengan smart
  2. Tingkatkan kerja dengan membagun Spirit untuk kepentingan Publik, sasaran harus tercapai dan jangan ada kepentingan pribadi
  3. Revolusi mental
  4. Harus saling menjalin hubungan dengan stakeholder dengan baik
  5. Efektivitas program yang dapat dimanfaatkan oleh public
  6. Kerja,Kerja, dan Kerja

Bapak Sesditjen SDA juga mengingatkan kepada peserta pengambilan sumpah PNS untuk segera menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) dan melakukan Inputing data PNS ke dalam aplikasi e-PUPNS. Bagi PNS yang tidak malaksanakan pengisian PUPNS sampai 31 Desember 2015 maka tidak mendapat layanan kepegawaian dan dinyatakan berhenti/ pensiun dari ASN.
Pada akhir sambutannya, Bapak Sesditjen SDA mengucapkan selamat kepada rekan-rekan yang telah mengambil sumpah/ janji PNS. “Kami berharap agar dalam melaksanakan tugas saudara-saudara senantiasa disertai keimana dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa”. (AdminBBWSC).

BBWS Citarum © 2015