Monday, 20 November 2017
Masuk
Kilas Berita :

P4-ISDA

Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air (P4-ISDA) – Balai Besar Wilayah Sungai Citarum

Dalam rangka mendukung program Ketahanan Pangan Nasional dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat tani dalam rehabilitasi irigasi kecil secara partisipatif khususnya di wilayah pedesaan tertinggal, Kementerian Pekerjan Umum melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air melaksanakan Program Percepatan dan Perluasan Pembanguan Infrastruktur Sumber Daya Air (P4-ISDA-IK).

Lokasi  Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air (P4-ISDA) lebih difokuskan pada desa tertinggal, yang akan dlaksanakan di 29 BBS/BBWS.

P4-ISDA di BBWS Citarum direncanakan meliputi 217 desa yang tersebar di 10 kabupaten, yaitu :

  1. Kabupaten Bogor
  2. Kabupaten Bekasi
  3. Kabupaten Karawang
  4. Kabupaten Bandung Barat
  5. Kabupaten Bandung
  6. Kabupaten Sukabumi
  7. Kabupaten Sumedang
  8. Kabupaten Subang
  9. Kabupaten Indramayu
  10. Kabupaten Cianjur

 Tahapan dan Pelaksanaan Pekerjaan

  • Persiapan

BBWS Citarum telah menunjuk PPK, Direksi dan Pengawas Lapangan dan BBWS juga sudah menunjuk  PT Indah Karya (Persero) sebagai Konsultan Manajemen Balai dan PT Arya Graha sebagai Konsultan Tenaga Pendamping Masyarakat.

  • Sosialisasi Program P4-ISDA

Sosialisasi awal yang dilakukan oleh BBWS Citarum sudah dilaksanakan pada saat menentukan jumlah desa yang mendapatkan program bantuan. Sosialisasi (P4-ISDA)

  • Pembentukan KPM

Pembentukan KPM  beserta aspek legalitasnya telah dilaksanakan di 217 desa, sedang  102 desa masih dalam proses penyelesaian aspek legalitasnya.

  • Penyusunan Rencana Kerja Kelompok Penerima Manfaat (RKKPM) 

Jumlah RKKPM  telah dilakukan verifikasi sejumlah 11 Desa, RKKPM masih dalam proses verifikasi  24 desa.

  • Penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama (SPKS) antara BBWS Citarum dan KPM

Sampai tanggal 12 November 2013  telah ditanda tangani Surat Perjanjian Kerjasama  (SPKS) di 11 desa di wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Karawang.

  • Pelaksanaan Fisik di Lapangan

Sampai tanggal 12 November 2013 pelaksanaan fisik dilapangan baru  tahap persiapan di 4 desa yg terletak di  Kabupaten Bandung Barat. Pelaksanaan fisiknya akan menunggu pencairan uang muka.

BBWS Citarum © 2015